Breaking News

Konsep Islam Moderat Bisa Satukan Umat Islam





KONSEP Wasathiyah Islam (islam moderat) diharapkan bisa menjadi jalan tengah bagi permasalahan umat Muslim. Perbedaan mengenai konsep dan pemahaman keagamaan sangat berbahaya bagi umat Islam.
"Kami sangat mengharapkan ide dan usulan terkait Wasathiyah Islam untuk peradaban dunia," kata Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antar-Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin saat memberikan sambutan dalam pembukaan Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendikiawan Muslim Dunia tentang Wasathiyah Islam, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari ini.
Lebih lanjut, Din menyoroti dua tantangan yang dihadapi kaum Muslim saat ini. Pertama, ada sebagian kelompok Islam yang mempertahankan pemahaman Islam yang berbeda. Kedua, saat ini peradaban dunia berada dalam kondisi ketidakpastian dan ketidakteraturan. Karena itu, perlu menerapkan konsep Wasathiyah Islam dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut.
Indonesia, sambung Din, sudah menerapkan konsep Wasathiyah Islam itu sendiri. Pancasila, UUD 1945 dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan wujud implementasi dari Wasathiyah Islam. "Dan ijinkan kami berbagi pengalaman kami sendiri," tambah Din.
Pada kesempatan yang sama, Imam Besar dan Grand Syeikh Al-Azhar Ahmad Muhammad Ath-Thayeb pun mengungkapkan bahwa ada perbedaan pemahaman dalam menerapkan konsep Wasathiyah Islam. Ada kelompok yang menerapkannya untuk hal-hal yang positif, tetapi juga ada kelompok yang menerapkannya secara berlebihan atau biasa disebut sebagai kelompok ekstrim.
Perbedaan mengenai konsep dan pemahaman keagamaan, sambungnya, sangat berbahaya bagi umat Islam. Pasalnya, perbedaan tersebut dapat memecah belah sesama umat Islam itu sendiri. Padahal, tegasnya, Islam adalah agama yang mudah dan sangat adaptif bagi pemeluknya.
Karena itu, harapnya, KTT tersebut dapat mengatasi perbedaan pendapat dan menyatukan umat Islam. Dalam KTT tersebut juga diharapkan ada pemahaman yang sama terhadap konsep Wasathiyah Islam itu sendiri. "Saya berharap bahwa KTT ini dapat mengatasi perbedaan pendapat dan menyatukan umat Islam," pungkasnya. (OL-4)
#muslimsejati
Sumber https://www.google.com/amp/m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/158173-konsep-islam-moderat-bisa-satukan-umat-islam?espv=1

Tidak ada komentar